Minggu, 09 Januari 2011

Gunung Cho Oyu

Nama lain                        : Jobo Uyog
Lokasi                             : Timur Nepal, Nepal - Perbatasan Tibet 
Ketinggian                       : 8.201 m 
Imporance                       : 6 Gunung Tertinggi Di Dunia. 
Trek Best Season             : April Untuk Mei & September Akhir Untuk Oktober
 
Cho Oyu Gunung RangeCho Oyu, yang berarti "Dewi Turquoise"dikenal sebagai gunung tertinggi keenam di dunia, terletak tidak jauh ke barat dari gunung tertinggi di dunia, Everest dan Lhotse, keempat tertinggi di wilayah Khumbu Nepal Timur sepanjang perbatasan Tibet. Its salah satu puncak menjulang yang berdiri dengan Everest jauh di atas pegunungan sekitarnya. Cho Oyu menjadi tengara akrab bagi pendaki mendaki wajah utara Everest.
 
Cho-Oyu baru-baru ini menjadi sebuah gunung yang populer untuk mendaki. Sekarang dikenal sebagai salah satu yang paling dapat diakses empat belas 8.000 metre/26 di dunia, 500 kaki gunung. Hal ini karena pendakian ke puncak pendek dan langsung, dengan beberapa bagian teknis kecil, kurang dari 6 metres/20 meter tingginya, naik dengan menggunakan jaringan tetap. Selain itu, gunung ini dapat dengan mudah dicapai dengan kendaraan four-wheel-drive, dan jejak ke Camp 1 di 6.400 metres/21, 100 kaki, pada dasarnya berjalan curam di lereng talus, sering dilakukan dalam kulit kokoh trekking boot dengan dukungan pergelangan kaki yang baik. Ini ekspedisi ke Cho-Oyu memaksimalkan ascents kami sebelumnya sukses di puncak sendiri, ditambah bertahun-tahun kebijaksanaan akumulasi Himalaya yang tinggi, rekor yang kuat mencapai 8.000 metre/26, 500 puncak-puncak kaki, bersama dengan pengetahuan yang mendalam tentang Tibet dan pejabat Cina yang mengatur sistem perizinan. Kita juga harus memberikan kredit kepada sangat berpengalaman dan pekerja keras kami, sherpa pimpinan dan staf.

Cuaca

Pada ketinggian rendah, temperatur dapat bervariasi dari 27 ° c sampai -7 ° C (80 ° f sampai 20 ° f). Di ketinggian, suhu bisa bervariasi dari 16 ° c ke -23 ° C (60 ° -10 ° f untuk f). Angin merupakan faktor yang paling mengerikan, dan dapat cukup bervariasi, dengan segala sesuatu dari yang tenang datar, untuk memaksa badai di puncak. Mungkin ada salju tebal, hujan lebat, nyamuk di daerah basah, meniup debu, panas membara, sinar matahari cerah.
Cho Oyu dalam upaya Mountaineering & Ekspedisi

* ekspedisi pertama mendaki wajah Northwest Cho Oyu's oleh Edmund Hillary dan partai.
* Sebuah ekspedisi Austria kecil, di bawah kepemimpinan Herbert Tichy, membuat pendakian pertama spektakuler tanpa oksigen di muka Northwest. Ini gaya baru mendaki gunung besar dengan teknik alpine menulis ulang sejarah mountaineering.
* Kedua pendakian oleh ekspedisi India. Sherpa Pasang Dawa Lama, yang merupakan bagian dari pendakian pertama, mencapai puncak untuk kedua kalinya. Pertama kematian pada Cho Oyu.
* Empat anggota ekspedisi tewas dalam longsoran salju selama ekspedisi perempuan internasional gagal itu.
* pendakian ketiga kontroversial oleh ekspedisi Jerman. Tidak ada bukti mencapai puncak. Dua pendaki gunung mati di Camp 4 kelelahan pada 7.600 m (25.000 kaki) tinggi.
* The alpinists Austria, Koblmuller dan Furtner, berhasil dalam pendakian spektakuler dari wajah tenggara sangat sulit dan berbahaya.
* Reinhold Messner berhasil pada usaha keempat.
* Pertama pendakian musim dingin di Selatan memperkuat oleh ekspedisi Polandia. The Buttress Selatan rute paling sulit di Cho Oyu akan selesai dengan sukses.

Tiba di Kathmandu-

Perjalanan dimulai di kota kuno dan penuh warna Kathmandu (Anda juga bisa mulai di Beijing, Hong Kong, Shanghai, atau Chengdu dan dorongan dalam dari Lhasa eksotis, dan semakin banyak anggota kami yang melakukan hal itu). Anda tinggal di sebuah hotel yang bersih nyaman, sederhana,, dan sampel beberapa, Tibet dan Nepal lezat masakan Barat-Style. Selama hari-hari bebas Anda di Kathmandu, Anda harus menyelesaikan pengaturan, termasuk visa grup Anda, dan mengambil beberapa waktu untuk berburu perhiasan, dengan kunjungan potensi untuk menjelajahi kemegahan abad ke-17 dari Kuil Monyet, Square Durbar dan tua Kings Palace, serta sebagai kota kuno Patan. kembali ke atas


Ini adalah tiga hari perjalanan dari Lhasa ke basecamp. Dari Lhasa, Anda akan ditetapkan dalam mobil pemerintah di dataran tinggi Tibet untuk memenuhi seluruh tim di Tingri, sebelum sampai basecamp Cho Oyu.

Keesokan paginya setelah hari Anda di Lhasa, Anda akan pergi ke Shigatse pada 3650 metres/12, 000 meter, kota terbesar kedua di Tibet, dengan Biara terkenal. Angin jalan sepanjang Sungai Brahmaputra besar, melewati warren tradisional seperti kota-kota pertanian Tibet. Dalam Shigatse, Anda dapat memiliki melihat-lihat dan mencoba untuk mengunjungi Tashilunpo Biara abad ke-15, lembaga terbesar monastik aktif di Tibet. Monks dalam jubah merah marun tampak di mana-mana, akan tentang tugas sehari-hari mereka, berdoa, dan berlatih pertunjukan musik upacara.

Setelah Shigatse, Anda akan membuat drive indah ke kota kuno Lhaze (Lhatse), pada 4000 metres/13, 100 kaki. Di ujung barat kota adalah Changmoche kecil Biara, yang Anda dapat mengunjungi sementara ada. Anda dapat melihat pemandangan menarik dari dataran tinggi Tibet sekitarnya dan perbukitan.

Dari Lhaze, maka drive lain pemandangan ke kota Tingri pada 4342 meters/14, 200 kaki, di mana Anda akan bertemu dengan seluruh tim dan meneruskan perjalanan menuju basecamp Cho Oyu. kembali ke atas

Pindah ke Basecamp Advanced-

Anda kemudian menghabiskan dua hari bergerak sampai ke "basecamp maju" di 5.600 metres/18, 500 kaki, yang sebenarnya adalah base camp benar untuk pendakian kami. Dari sini, Anda akan menyelesaikan mendaki Anda Cho Oyu, tidak kembali ke dasar Cina sampai ekspedisi selesai.

Mendaki Cho Oyu-

Cho Oyu pada dasarnya adalah 10 sampai 50 derajat sebagian besar lereng salju, dengan lapangan kecil beberapa batuan curam, salju, dan es. Bagian teknis tertinggi adalah sebuah "es / salju-langkah" hanya enam metres/20 meter tingginya. Bagian-bagian ini 100 persen naik pada jaringan tetap, dengan tingkat keamanan tertinggi. Camp 1 terletak di pelana di 6.400 meters/21, 100 meter, di dasar punggungan utara-barat. Jejak ke Camp 1 melintasi gletser flattish, dari bukit dengan Scree longgar dan batu kadang-kadang dengan salju. Hal ini sering disebut sebagai: "bukit mengerikan" dan hampir selalu dilakukan di sepatu trekking kokoh, dengan dukungan pergelangan kaki yang baik.

Camps-tinggi

Punggung bukit Northwest membuka ke barat laut wajah, dan ada satu es mudah 6 meter tetap tinggi teknis / langkah salju, maka Camp 2 ditempatkan tepat di atas bagian miring di 7.000 meters/23, 100 kaki. Camp 3 ini terletak di barat laut wajah-ridge di 7.450 meters/24, 600 kaki. Anda harus mencoba puncak dari Camp 3.

Hari-Summit

Pada hari puncak, Anda mendaki melalui langkah beberapa batu kecil yang mudah (4 meter tinggi) dan salju dicampur ke puncak dataran tinggi yang luas dan membuat melintasi dataran tinggi panjang ke benjolan kecil yang menandai puncak, pada 8201 meters/27, 000 kaki. Anda tahu bahwa Anda sedang berada di puncak sejati ketika anda melihat pemandangan inspirasi Everest, Lhotse, Nuptse, Makalu, dan seluruh lembah Khumbu.



5 komentar: