Jumat, 07 Januari 2011

Gunung lhotse

Lhotse merupakan sebuah gunung di Nepal dan RRC. Gunung ini terletak di bagian utara di negara itu. Gunung ini memiliki ketinggian 8.516 m (27.940 kaki) dan merupakan gunung terbesar keempat di dunia dan merupakan salah satu puncak yang membentuk kelompok dari Gunung Everest.

Lhotse adalah gunung tertinggi keempat di dunia. Yang panjang timur-barat terletak segera puncak selatan Gunung Everest dan puncak-puncak dari dua gunung dihubungkan oleh Kolonel Selatan, punggung bukit vertikal yang tidak pernah turun di bawah 8.000 meter. Lhotse kadang-kadang keliru diidentifikasi sebagai puncak selatan massif Everest. Tidak ada perhatian serius ditolak untuk memanjat Lhotse sampai setelah Everest akhirnya telah naik. Upaya pertama di Gunung Lhotse adalah dengan sebuah tim internasional pada tahun 1955. Salah satu anggota partai itu Erwin Schneider; selama ekspedisi ini, dia mulai bekerja pada pertama dari rangkaian berkualitas tinggi "Schneider peta wilayah Everest". Partai Swiss yang sama yang membuat pendakian kedua Everest pada tahun 1956 membuat pendakian Gunung Lhotse pertama dari sebuah kamp tepat di bawah Kolonel Selatan
Selain puncak utama, ada puncak dua anak, Lhotse Shar, yang segera timur puncak utama, dan Nuptse, puncak tebing tinggi di sebelah barat gunung

Lhotse terkenal karena kedekatannya dengan Gunung Everest dan fakta bahwa pendaki mendaki rute standar pada puncak yang menghabiskan beberapa waktu di barat laut wajah; lihat di bawah. Bahkan Lhotse memiliki nilai terkecil topografi menonjol dari setiap thousander delapan resmi, karena hanya naik 610 m (2.000 kaki) di atas Kolonel Selatan Oleh karena itu sering dianggap sebagai thousander delapan kecil-.

Namun, Lhotse adalah puncak dramatis dalam dirinya sendiri, karena wajahnya yang luar biasa selatan. Ini meningkat 3.2 km (2.0 mil) hanya 2,25 km (1.4 mil) jarak horizontal, sehingga wajah paling curam ukuran ini di dunia. Wajah selatan telah menjadi tempat banyak usaha yang gagal, beberapa korban jiwa terkemuka, dan ascents sangat sedikit (salah satunya, oleh Tomo Cessen, belum diverifikasi).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar