Minggu, 23 Januari 2011

Gunung Nanga Parbat

Nanga Parbat merupakan sebuah gunung di Pakistan. Gunung ini terletak di bagian utara di negara itu. Gunung ini memiliki ketinggian 8.126 m (26.660 kaki) dan merupakan gunung terbesar kesembilan di dunia. Dalam tingkat kesulitan, medan gunung Nanga Parbat disebut sama beratnya dengan K2. Sulitnya medan pada gunung ini membuat ia mendapat julukan “The Man Eater”.

Orang pertama yang mendaki di gunung ini ialah Hermann Buhl pada 3 Juli 1953.

Nanga Parbat terletak di Daerah Utara Pakistan dan merupakan benteng Barat Himalaya. Ini adalah gunung tertinggi kesembilan di dunia dan tertinggi kedua di Pakistan setelah K2. Tenggelam dalam sejarah cocok dengan beberapa orang lain di Asia telah dipentaskan beberapa ascents Himalaya terbesar sepanjang masa. Dari pendakian solo pertama Herman Buhl itu pada tahun 1953 melalui punggungan Utara Hulu untuk Gunther dan pendakian pertama Reinhold Messner dari Rupal Face pada tahun 1970 melalui South East Spur, solo mendaki Messner dari Diamir Face tahun 1978, dan baru-baru ini Vince Anderson dan Steve DPR pendakian Alpine-gaya Pilar Sentral Rupal Face. Epik ini naik terus mengilhami pendaki untuk mencoba tahunan apa yang dianggap sebagai gunung 8000m kedua terberat setelah K2.

Nanga Parbat adalah sebuah tontonan yang benar-benar luar biasa. Wajah selatan adalah yang terbesar di dunia, hingga empat kilometer di atas base camp. Sampai saat ini hanya ada lima ascents dari selatan. Nanga Parbat berarti "Naked Gunung" dalam bahasa Hindi / Urdu dan dengan referensi ke batu yang terbuka menghadap ke selatan penopang. Wajah utara sama mengintimidasi. Berbeda dengan batu curam sisi selatan dan utara es wajah bersalju dijaga oleh penghalang luas seracs yang memperpanjang lebar gunung. Climbers sebelum Perang Dunia Kedua yakin bahwa satu-satunya cara untuk mendaki gunung itu dari utara melalui busur panjang, hingga Rakhiot Peak (7010m), antara dua puncak-puncak Silberzacken dan akhirnya ke puncak Nanga Parbat demikian menghindari lebih langsung pendakian dari wajah utara. Rute ini berbahaya rawan longsor dan terkena cuaca buruk. 31 orang meninggal mencoba untuk mendaki gunung menuju ke sana memperoleh nama terkenal dari "Killer Mountain". Saat ini tidak

seperti pembunuh dan ada puncak lain yang dapat mewarisi julukan (misalnya Ultar atau Batura I). KTT rute Herman Buhl telah hanya diulang sekali (Slovakia, 1971) sampai hari ini. Pendakian Nya hanya ditandai ketiga 8000m pendakian setelah Annapurna I (1950) dan Everest dan puncak-satunya pertama semua 8000ers harus dilakukan tanpa oksigen dan solo saja. Kebanyakan usaha saat ini adalah melalui wajah Diamir Westerly yang umumnya dianggap paling mudah dan paling aman dengan Route Kinshofer rute normal. Nanga Parbat tahun 2005, telah menerima 263 ascents oleh 261 individu (Messner dan SP Anggota Qudrat Ali telah naik dua kali) dengan harga 62 kematian. Enam belas perempuan yang sampai di puncak gunung. Garis menantang Berbagai masih menunggu. Yang paling sulit adalah suatu pendakian dari Nanga Parbat melalui Mazeno terdaki Ridge yang merupakan tonjolan terpanjang di dunia. Beberapa ekspedisi telah dibuat 'upaya' di gunung selama musim dingin tapi tidak berhasil.
 








2 komentar: