Rabu, 09 Februari 2011

GUNUNG GASHERBRUM I

Gasherbrum adalah sekelompok terpencil di puncak terletak di ujung timur laut dari gletser Baltoro di kisaran Karakoram dari Himalaya di perbatasan Lembah Shaksgam Cina dan wilayah-Baltistan Gilgit Pakistan. Massif berisi tiga dari 8.000 di dunia puncak meter (jika satu termasuk Broad Peak). Gasherbrum sering diklaim berarti "Shining Wall", mungkin referensi ke wajah sangat terlihat Gasherbrum IV, tetapi sebenarnya itu berasal dari "rgasha" (indah) "Brum" + (gunung) di Balti, maka sebenarnya berarti "indah gunung ".

Pada tahun 1856, Thomas George Montgomerie, British Royal Engineers letnan dan anggota dari Great trigonometri Survey dari India, terlihat sekelompok puncak tinggi di Karakoram dari lebih dari 200 km. Dia menyebutkan lima dari puncak K1, K2, K3, K4 dan K5 dimana K menunjukkan Karakoram. Hari ini, K1 dikenal sebagai Masherbrum, K3 sebagai Broad Peak, K4 sebagai Gasherbrum II dan K5 sebagai Gasherbrum I. Hanya K2, gunung tertinggi kedua di dunia, telah menyimpan nama Montgomerie's.

Gasherbrum I (juga dikenal sebagai Hidden Peak atau K5) adalah puncak tertinggi ke-11 di Bumi, terletak di perbatasan Pakistan-Cina di daerah Gilgit-Baltistan Pakistan. Gasherbrum I adalah bagian dari massif Gasherbrum, terletak di daerah Karakoram dari Himalaya. Gasherbrum sering diklaim berarti "Shining Wall", mungkin referensi ke wajah sangat terlihat dari puncak Gasherbrum tetangga IV, tetapi sebenarnya itu berasal dari "rgasha" (indah) "Brum" + (gunung) di Balti, maka sebenarnya berarti "gunung yang indah."

Gasherbrum Saya ditunjuk K5 (artinya puncak 5 dari Karakoram) oleh TG Montgomery tahun 1856 ketika pertama kali melihat puncak dari Karakoram dari lebih dari 200 km jauhnya selama Besar trigonometri Survey of India. Pada 1892, William Martin Conway memberikan nama alternatif, Hidden Peak, dalam referensi terpencil ekstrim.

Gasherbrum pertama kali saya naik pada tanggal 5 Juli 1958 oleh Pete Schoening dan Andy Kauffman dari ekspedisi delapan pria Amerika yang dipimpin oleh Nicholas B. membereskan. Richard K. Irvin, Tom Nevison, Tom McCormack, Bob Swift dan Gil Roberts juga anggota tim

* 1934 - Sebuah ekspedisi internasional yang besar, yang diselenggarakan oleh Swiss GO Dyhrenfurth, mengeksplorasi Gasherbrum I dan II. Dua pendaki mencapai 6.300 m/20, 650 ft
* 1936 - Sebuah ekspedisi Perancis sampai ke 6.900 m/22, 630 ft
* 1958 - Sebuah tim Amerika membuat pendakian pertama
* 1975 - Reinhold Messner dan Peter Habeler mencapai puncak pada rute baru (rute barat laut) dalam gaya alpine murni (pertama kali di sebuah puncak 8000 meter) mengambil 3 hari total. Suatu hari kemudian, tiga Austria dari ekspedisi yang berbeda yang dipimpin oleh Hanns Schell mencapai puncak pada rute Amerika.
* 1977 - Munculnya sukses keempat oleh dua Slovenia (Nejc Zaplotnik dan Andrej Stremfelj), lagi pada rute baru.
* 1980 - Sebuah ekspedisi Perancis sukses dengan pendakian 5 dan lulus ridge selatan untuk pertama kalinya.
* 1981 - Jepang memiliki pendakian sukses 6.
* 1982 - G. Sturm, M. Dacher dan S. Hupfauer pertemuan puncak ekspedisi Jerman melalui rute baru pada wajah utara. Pada tahun yang sama, Perancis Marie-José Valençot adalah wanita pertama yang mencapai puncak. Suaminya, Sylvain Saudan dari Swiss melakukan ski keturunan pertama dari atas sebuah puncak 8000 meter ke base camp.
* 1983 - Jerzy Kukuczka dengan Wojciech Kurtyka, rute baru. Alpine gaya pendakian tanpa bantuan oksigen.
* 1983 - Tim dari Swiss dan Spanyol yang berhasil.
* 1984 - Reinhold Messner dan Hans Kammerlander melintasi Gasherbrum II dan Gasherbrum saya tanpa kembali ke base camp di antara
* 1985 - pendakian Solo oleh Benoît Chamoux.
* 2003-19 orang mencapai puncak, 4 orang meninggal, termasuk Mohammad Oraz.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar