Selasa, 22 Februari 2011

MOUNT SHISHAPANGMA

Shishapangma (disebut juga Gosainthan) adalah gunung tertinggi keempat belas di dunia dan yang terendah dari delapan-thousanders. Itu adalah terakhir 8.000 meter puncak untuk didaki, karena lokasinya sepenuhnya dalam Tibet dan pembatasan kunjungan oleh orang asing ke wilayah Tibet dan dipaksakan oleh pemerintah Cina.

Nama Tibet shi sha ma sbang berarti "puncak di atas padang rumput". Nama Tionghoa Xīxiàbāngmǎ Feng  adalah rendition fonetik nama Tibet. Dalam bahasa Sanskerta, gunung disebut Gosainthan, yang berarti "tempat suci"atau "tempat tinggal Tuhan". penafsiran lain, berdasarkan ejaan Shisha-Pangma, ialah bahwa nama ini berarti, secara harfiah, "Sherpa Perempuan.


Shishapangma terletak di Tibet tengah-selatan, beberapa kilometer dari perbatasan dengan Nepal. Ini adalah satu-satunya delapan thousander seluruhnya dalam wilayah Cina. Ini adalah puncak tertinggi di Himal Jugal, yang berdampingan dengan, dan sering dianggap sebagai bagian dari, Himal Langtang. The Jugal gabungan / Langtang Himal melintasi Tibet / perbatasan Nepal. Karena di sebelah utara kering puncak Himalaya, dan jauh dari dataran rendah di Nepal, telah agak kurang relief vertikal dramatis daripada kebanyakan puncak Himalaya utama lainnya.


Shishapangma pertama kali naik melalui Barat Laut dan Timur Laut Face Ridge dan wajah (Utara Route) pada tanggal 2 Mei 1964 oleh sebuah ekspedisi Cina dipimpin oleh Xǔ Jing . Selain Xǔ Jing, tim puncak terdiri dari Zhang Jùnyán , Wang Fuzhou (Wang Fuzhou  Wu Zōngyuè  Chén San  Soinam Dorje (Suǒnán Duōjí , Cheng Tiānliàng, Migmar Zhaxi (Mǐmǎ Zháxī ), Dorje (Duōjí ) dan Yun Deng.


* 1980 Utara Route (2nd Ascent) oleh Michl Dacher, Wolfgang Schaffert, Gunter Sturm dan Fritz Zintl (7 Mei); Sigi Hupfauer dan Manfred Sturm (12 Mei);. Sebagai bagian dari ekspedisi Jerman.

* 1980 Route Utara (3 Ascent) oleh Ewald Putz dan Egon Obojes (13 Oktober), sebagai bagian dari sebuah ekspedisi Austria.

* 1981 Route Utara (Ascent 4) oleh Junko Tabei, Rinzing Phinzo dan Gyalbu Jiabu (30 April) sebagai bagian dari ekspedisi Jepang Perempuan.

* 1981 Route Utara (Ascent 5) oleh Reinhold Messner dan Friedl Mutschlechner (28 Mei), sebagai bagian dari sebuah ekspedisi Austria.

* 1982 Route Inggris, Southwest Face (gaya pegunungan) FA oleh Doug Scott, Alex Macintyre dan Roger Baxter-Jones (semua Inggris), (28 Mei). Rute mengikuti celah kanan pada Southwest Face.

* 1987 Pada tanggal 18 Juli Elsa Ávila dan Carlos Carsolio menjadi orang-orang Meksiko pertama menuju puncak Shishapangma. Untuk Ávila, pertama delapan thousander dan untuk Carsolio, keduanya. Melalui Utara Face / Ridge ke KTT Tengah, maka sepanjang arete ke Summit Utama, dengan Wanda Rutkiewicz, Ramiro Navarrete, dan Ryszard Warecki.

* 1987 Barat Ridge FA oleh Kukuczka Jerzy dan Hajzer Artur (18 September). Kukuczka meluncur dari dekat puncak. Ini adalah empat belas puncak Kukuczka's 8000 meter.

* Celah Tengah 1987, North Face FA oleh Hinkes Alan dan Untch Steve (19 September).

* 2004 Jean-Christophe Lafaille (Prancis) membangkitkan kontroversi ketika dia memanjat Rute Inggris di solo wajah Southwest,, summiting pada tanggal 11, dan mengklaim pendakian musim dingin. Karena ini bukan kalender musim dingin, ia berubah klaim untuk sebuah pendakian "dalam kondisi musim dingin."

* 2005 (14 Januari) - pertama (kalender) pendakian musim dingin oleh Piotr Morawski (Polandia) dan Simone Moro (Italia).
Sekitar 22 orang telah meninggal memanjat Shishapangma, termasuk mencatat Amerika Alex Lowe dan Dave Jembatan (1999); dan veteran Portugis pendaki Bruno Carvalho. Namun demikian, Shishapangma adalah salah satu dari delapan thousander paling mudah-untuk mendaki. Rute standar naik dari sisi utara, dan menawarkan akses yang relatif mudah, dengan perjalanan kendaraan mungkin untuk base camp di 5.000 m (16.400 ft). Lebih teknis menuntut adalah rute pada Southwest Face curam, yang melibatkan 2.200 meter (7.218 kaki) dari pendakian di lereng 50 derajat. Ini adalah ideal untuk pendakian gaya (sulit) alpine.
 










Tidak ada komentar:

Posting Komentar