Minggu, 27 Februari 2011

MOUNT ACONCAGUA


Aconcagua merupakan gunung tertinggi di Amerika pada 6.962 m (22.841 ft). Hal ini terletak di pegunungan Andes, di provinsi Mendoza Argentina. KTT ini terletak sekitar 5 kilometer dari San Juan Provinsi, 15 kilometer dari perbatasan internasional dengan Chile dan sekitar 50 kilometer timur laut ibukota Chili Santiago. Itu terletak 112 kilometer (70 mil) barat utara kota Mendoza. Aconcagua adalah puncak tertinggi baik di belahan Barat dan Selatan. Ini adalah salah satu dari tujuh puncak

Aconcagua dibatasi oleh Valle de las Vacas di utara dan timur dan Valle de los Horcones inferior ke Barat dan Selatan. Gunung dan sekitarnya merupakan bagian dari Provinsi Aconcagua Park. Gunung ini memiliki sejumlah gletser. Gletser terbesar adalah Ventisquero Horcones inferior di sekitar 10 km panjang yang turun dari sisi selatan sampai sekitar 3600m ketinggian dekat kamp Confluencia Dua lainnya sistem gletser besar. yang Ventisquero de las Vacas Sur dan Glaciar Este / Ventisquero sistem Relinchos di sekitar 5 km panjang. Namun yang paling terkenal adalah Glacier utara-timur atau Polandia, rute umum pendakian.

Gunung diciptakan oleh subduksi dari Lempeng Nazca di bawah lempeng Amerika Selatan selama orogeny Andean geologis baru-baru ini, namun bukan sebuah gunung berapi Asal usul nama yang dilombakan,. itu adalah baik dari Aconca Arauca-Hue, yang mengacu pada Sungai Aconcagua dan berarti 'berasal dari sisi lain', [rujukan?] Quechua Ackon Cahuak, yang berarti 'Sentinel Batu', [rujukan?] atau Quechua Anco Cahuac, 'White Sentinel'. 

RUTE PENDAKIAN

Dalam istilah mountaineering, Aconcagua secara teknis sebuah gunung yang mudah jika didekati dari utara, melalui rute normal. Walaupun efek dari ketinggian yang parah (tekanan atmosfer adalah 40% dari permukaan laut di puncak), penggunaan oksigen suplemen tidak diperlukan. Ketinggian sakit akan mempengaruhi pendaki paling sampai batas tertentu, tergantung pada tingkat aklimatisasi.
Aerial view

Rute kedua yang paling sering dikunjungi adalah Glacier Polandia Traverse rute, juga dikenal sebagai "de los Falso Polacos" rute. Hal ini mendekati gunung melalui lembah Vacas, naik ke dasar Glacier Polandia, kemudian melintasi menyeberang ke rute normal untuk pendakian terakhir menuju puncak. Rute ketiga yang paling populer adalah Glacier Polandia sendiri.

Rute ke puncak dari pegunungan selatan dan barat lebih menuntut dan pendakian sisi selatan dianggap sangat sulit.

Sebelum mencoba para pendaki gunung harus membeli izin dari otoritas Provinsi Aconcagua Park di Mendoza. Harga bervariasi tergantung pada musim.

Situs Kamp pada rute normal tercantum di bawah ini (ketinggian adalah perkiraan).

  • Puente del Inca, 2.740 m (8990 ft): Sebuah desa kecil di jalan utama, dengan berbagai fasilitas termasuk pondok.
  • Confluencia, 3.380 m (11.090 ft): Sebuah situs kamp beberapa jam ke dalam taman nasional.
  • Plaza de Mulas, 4.370 m (14.340 ft): Base camp, diklaim sebagai terbesar kedua di dunia (setelah Everest). Ada beberapa tenda makan, mandi dan akses internet. Ada sebuah pondok approx. 1 km dari perkemahan utama di gletser.
  • Camp Kanada, 5.050 meter (16.570 kaki): Sebuah langkan besar yang menghadap Plaza de Mulas.
  • Camp Alaska, 5.200 meter (17.060 kaki): 'perubahan kemiringan' Disebut dalam bahasa Spanyol, sebuah situs kecil sebagai lereng dari Plaza de Mulas untuk Nido Cóndores mengurangi de. Tidak umum digunakan.
  • Nido de Cóndores, 5.570 meter (18.270 kaki): Sebuah dataran tinggi besar dengan pemandangan yang indah. Biasanya ada ranger taman berkemah di sini.
  • Camp Berlin, 5.940 meter (19.490 kaki): Kamp tinggi klasik, menawarkan perlindungan angin masuk akal.
  • Camp Colera, 5.980 meter (19.620 kaki): A lebih besar sementara sedikit lebih terbuka kamp terletak tepat di punggungan utara dekat Camp Berlin, dengan semakin populer.
  • Beberapa situs mungkin untuk berkemah atau bivak, termasuk Piedras Blancas (~ 6100m) dan Independencia (~ 6350m), ada di atas Colera, namun mereka jarang digunakan dan menawarkan sedikit perlindungan.
Upaya Summit biasanya terbuat dari sebuah kamp tinggi baik di Berlin atau Colera, atau dari kamp rendah di Nido de Cóndores.

SEJARAH

Usaha pertama pada Aconcagua oleh Eropa dibuat pada tahun 1883 oleh partai yang dipimpin oleh ahli geologi Jerman dan penjelajah Paul Güssfeldt. Menyuap porter dengan cerita bahwa ada harta karun di gunung, ia mendekati gunung melalui Volcan Rio, membuat dua upaya di atas puncak oleh punggungan utara-barat dan mencapai ketinggian 6.500 meter (21.300 kaki). Rute bahwa ia berprospek sekarang rute normal sampai gunung.

Mencatat pertama pendakian adalah pada tahun 1897 di sebuah ekspedisi Inggris yang dipimpin oleh Edward FitzGerald. KTT dicapai oleh pemandu Matthias Swiss Zurbriggen pada tanggal 14 Januari dan oleh dua anggota ekspedisi lainnya beberapa hari kemudian.

Orang termuda yang mencapai puncak Aconcagua adalah Matius Moniz dari Boulder, Colorado. Dia 11 tahun ketika ia mencapai puncak pada tanggal 16 Desember 2008. Orang tertua untuk mendaki itu adalah Scott Lewis yang mencapai puncak pada tanggal 26 November 2007 ketika ia 87 tahun.

BUDAYA POPULER

Gunung ini memiliki cameo di sebuah kartun Disney 1942 disebut Pedro. Kartun bintang pesawat kecil antropomorfik bernama Pedro yang terpaksa membuat surat udara tertabrak Andes dan memiliki pertemuan dekat-bencana dengan Aconcagua. Gunung (juga antropomorfik, dan menakutkan-looking), kemudian muncul dalam sebuah ilustrasi digunakan dalam menceritakan kembali kisah dalam buku antologi Disney. Hal itu juga disebut sebagai jawaban yang benar untuk pertanyaan acara kuis di film, Disney 1969 mengenakan Komputer Tenis Sepatu.



1 komentar: