Selasa, 15 Februari 2011

BROAD PEAK

Broad Peak, gunung tertinggi ke-12 di dunia pada 8.047 meter, terletak di Karakoram Range di Bagian Timur Laut Pakistan. Gunung ini terletak di sepanjang gletser Baltoro barat antara K2 dan Gasherbrum IV.
Para barat pertama yang melihat puncak itu mungkin Letnan TG Montgomerie. Dia mengamati pegunungan di daerah tersebut dan pada 1856 ia melihat beberapa puncak yang luar biasa, yang dia berikan nama sementara. K untuk Karakoram + nomor untuk puncak. K1, K2, K3 dll Montgomerie lalu mengetahui K1had nama lokal; Masherbrum. K2, masih berjalan di bawah nama itu, bahkan jika beberapa telah mengusulkan kembali nama itu Qogori, nama yang digunakan oleh beberapa orang setempat. K3, puncak ketiga yang diukur dengan Montgomerie tidak memiliki nama lokal.
Bubungan puncak puncak hampir 2 km explorer panjang dan oleh karena itu WM Inggris Conway berpikir Broad Peak adalah nama yang cocok.
Conway mencatat: "yang luas denda kemegahan gunung ... sebuah Breithorn besar, seolah-olah, pengajuan ruang antara K2 dan Gasherbrum tersembunyi." Nama memenangkan penerimaan umum, tetapi beberapa orang fanatik pada misi untuk menyingkirkan semua nama barat menginginkan nama lokal di puncak. Mereka tidak menemukan nama kandidat kredibel, sehingga mereka melakukan apa yang mereka anggap terbaik kedua: mereka hanya diterjemahkan Broad Peak ke Balti, dialek Tibet lokal. Nama - P'alchan Kangri / Ri. Ini menjadi sedikit bastardized selama bertahun-tahun dan saat ini dieja dan diucapkan Falchen Kangri, yang benar-benar melenceng karena tidak ada "f-suara" di Balti.

Satu atau dua puncak 8000m?

Debat kadang-kadang hebat tentang Broad Peak memiliki satu dari dua "puncak yang sebenarnya"telah berlangsung lama. Kebanyakan orang setuju pada fakta puncak pusat tidak pertemuan terpisah, namun para pendukung yang mendukung menghitung itu sebagai salah satu poin di salju di pelana di antara puncak dan puncak utama. Jika salju yang mencair karena pemanasan global, Broad Peak pusat pasti akan memenuhi syarat sebagai puncak 8000m 15'th. Isu lain yang terhubung ke pemanasan global adalah fakta bahwa salju di puncak sejati mencair dan pertemuan kedepan bisa menyalip di ketinggian. Hal ini akan disambut baik oleh pendaki sebagai bagian paling sulit dari seluruh pendakian akan menghilang.

Broad Peak memiliki tiga puncak yang terpisah: puncak utama 8.047 meter, pusat puncak 8.016 meter, dan utara puncak 7.550 meter.

Pendakian pertama puncak utama dibuat pada 1957 oleh sebuah ekspedisi Austria terdiri dari hanya empat anggota mendaki. Menggunakan banyak jaringan tetap ditetapkan oleh ekspedisi Jerman gagal 1954, keempat di puncak tanpa menggunakan oksigen. Hermann Buhl, Fritz Wintersteller, Kurt Diemberger dan Marcus Schmuck tidak memiliki bantuan apapun HAPS (porter ketinggian tinggi) atau pemandu dan mendaki merupakan sukses yang luar biasa untuk gaya pendakian alpine, karena terjadi jauh sebelum waktu tim independen kecil mencoba puncak tertinggi di bumi.


Broad Peak Tengah naik oleh lima anggota ekspedisi Polandia: Marek Kesicki, Bohdan Nowaczyk, Kazimierz Glazek, Janusz Kulis dan Andrzej Sikorski. Mereka di puncak pada tanggal 28 Juli 1975. Kesicki, Nowaczyk dan Sikorski meninggal selama keturunan.
Pemimpin ekspedisi ini Janusz Ferenski.
JCK membantu dengan info di ini.

Puncak utara akhirnya diperoleh pada tahun 1983 oleh sebuah ekspedisi Italia dipimpin oleh Renato Casarotto.

Pendakian Puncak Broad

Dari pendakian pertama pada 1957 sampai Agustus 2003, Broad Peak telah naik 255 kali dan memiliki 18 kematian. Tingkat kematian karena itu sekitar 7%, yang dapat dibandingkan dengan untuk Everest contoh yang memiliki tingkat kematian sebesar 9%. Ini adalah salah satu puncak 8000m lebih aman, tapi resiko longsoran tidak boleh diabaikan.
Lebih lanjut tentang hal ini.

Banyak tim sekarang menggunakan moderat memanjat di Broad Peak untuk acclimitize untuk gaya pendakian alpine cepat K2. Rute utama menuju puncak, melalui punggungan barat, ini cukup berat, tapi seperti gunung lainnya dalam kisaran Karakoram, cuaca sering menjadi faktor penentu.

Broad Peak adalah sebagai Xixabangma dan Cho Oyu merupakan puncak di mana mayoritas besar "summiteers" tidak mencapai puncak sejati. Sebuah berhenti lot pada puncak-depan dan mengklaim telah mendaki Broad Peak. Pada tahun 1994 Hans Kammerlander sakit ini dan meninggalkan sepotong tali merah dan ungu, yang melekat pada tiang ski di puncak dan bertanya pendaki lain apa yang mereka lihat di sana
1984 Satu pendakian menakjubkan terjadi pada bulan Juli oleh pendaki Polandia Krzysztof Wielicki menakjubkan. Dia meninggalkan base camp di 4.850 meter pada tengah malam, mencapai camp1 pada 04:00, camp2 pada 08:00, pelana pada 14:00, dan puncak utama dengan 16:00. Pendakian Nya 3.150 meter dalam waktu kurang dari 14 jam adalah sebuah prestasi luar biasa untuk saat itu. Ia menyelesaikan round trip hanya dalam waktu 22 jam, solo semua. Ini pendakian solo dari puncak 8.000 meter dalam sehari itu tidak terulang sampai tahun 1986.
Jalur Pendakian

Broad Peak adalah jauh dari titik kedatangan di Pakistan. Cepat atau lambat anda harus mengirimkan Islamabad karena ini adalah kota di mana Anda mendapatkan izin untuk puncak. Jika seorang organisator telah mengurus pengaturan untuk Anda, Anda hanya dapat bersantai dan mengikuti panduan Anda melalui negara. Jika Anda ingin mengatur segalanya sendiri, berikut ini mungkin bisa membantu.

Dari Islamabad untuk Luas Utara.
Bus lokal melayani Islamabad dengan Skardu (titik awal normal untuk trekking) dengan baik. Catch bus dari NATCO atau Masherbrum Wisata dari Pirwadai i Rawalpindi (kota kembar Islamabad, 15 km). Biaya untuk perjalanan 22-30h sekitar 12 US $. Sebuah taksi dari Islamabad sentral akan dikenakan biaya 200-300 RP. Beberapa bis berhenti semalam di Besham, beberapa langsung melalui Skardu. Jika Anda telah memesan tiket di bus langsung, jangan heran jika Anda harus menunggu di Besham untuk beberapa waktu. Biasanya tunggu ini adalah untuk bus lain untuk berkumpul dan juga untuk polisi / militer untuk konvoi siap sebuah. Ada Almos selalu beberapa kerusuhan kecil dalam Indus Kohistan dan untuk bermain aman, pihak berwenang mengatur konvoi untuk lalu lintas malam. Ini tidak perlu khawatir, itu prosedur standar di daerah ini.

Dari Skardu ke Broad Peak.
Ada dua rute ke puncak dari Skardu - via Askole atau melalui Gondogoro Pass. Yang pertama adalah untuk merekomendasikan jika Anda tidak diaklimatisasi. Gondogoro Pass adalah 5600m besar, sehingga sebagian besar trekker menggunakan rute ini untuk perjalanan pulang.

Untuk Askole.
Perjalanan jip membutuhkan 6-8h di sebagian jalan sengsara dan harga terjadi pada musim panas 2005 adalah 3500-4000 RP.
Dalam Askole Anda dapat baik berkemah di alam bebas atau menggunakan salah satu tempat berkemah, yang akan dikenakan biaya 100 RP. Fasilitas meliputi toilet, air bersih dan area, berumput berkemah berdinding.

Situs kamp pertama di sepanjang rute Jhula. Dibutuhkan di mana saja antara 4 dan 8 jam untuk mencapai Jhula dari Askole dan perjalanan yang sangat lurus ke depan. Sebagian besar waktu Anda berjalan di jalan yang baik sepanjang sungai. Sebuah mulai awal dianjurkan karena bagian itu sangat panas di daerah ini. Dua jembatan di mana Anda harus membayar biaya yang kecil harus menyeberang. Jhula memiliki kabin shower, air bersih, toilet dan platform kamp. 100 Rps. / malam.

Biasanya, tidak ada masalah untuk mencapai Paiju hari kedua. Perjalanan ini sulit karena anda kadang-kadang berjalan di pasir di sepanjang sungai dan ada beberapa pasang surut perjalanan. Paiju memiliki fasilitas yang sama seperti Jhula dan biaya untuk kamp ada juga 100 Rps. / malam. Tempat itu bisa sangat ramai pada musim tinggi dan jika Anda tidak seperti itu, hanya terus selama 20 menit ke aliran pertama atau ke tempat awal gletser, di mana tempat yang sangat baik untuk kamp terletak. Air segar tersedia di sini.

Tempat berkemah berikutnya adalah Urdukas, yang sangat baik dilihat dari kelompok Trango. Situs kamp terletak di sebuah bukit dengan titik-titik kamp baik. Fasilitas dan harga yang sama dengan Jhula dan Paiju. Jika Anda ingin pergi lebih jauh atau sebagian dari cara untuk Urdukas, ingat Anda akan berkemah di gletser yang sebenarnya. Campspots dapat dengan mudah ditemukan di sana juga, tetapi di beberapa bagian ada setengah jam di antara baik atau / dan aman yang.

Dari sini pada panjang perjalanan hari normal bervariasi banyak tergantung pada bagaimana orang dalam grup merasa. Ada beberapa kamp di sepanjang jalan, tetapi mereka semua sangat dasar, yang terdiri dari tempat penampungan terbuat dari batu. Sebagian besar kelompok berhenti di Goro II, beberapa berhenti satu jam sebelum kamp ini, Goro saya dan beberapa pergi semua jalan ke Concordia.

Concordia, yang bisa menjadi salah satu tempat paling indah di bumi ini sedih penuh dengan sampah dan kotoran manusia. Untuk sebelah kiri Anda dapat melihat Broad Peak dan K2. Depan Anda Gasherbrum IV menjulang dan ke kanan Anda adalah Mitre mengesankan. Tidak ada biaya dan tidak ada fasilitas di Concordia.

Sisa perjalanan ke Broad Peak SM adalah berjalan 3 jam mudah di gletser Baltoro atas. Jalan keluar dari Concordia dapat sedikit membingungkan. Tanyakan lokal jika tidak pasti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar