Minggu, 20 Maret 2011

MOUNT ATLAS

Pegunungan Atlas (Berber: idurar n Watlas, Arab: جبال الأطلس) adalah pegunungan di bentangan utara Afrika memperluas sekitar 2.500 km (1.500 mil) melalui Maroko, Aljazair, dan Tunisia. Puncak tertinggi adalah gunung Toubkal, dengan ketinggian 4.167 meter (13.671 kaki) di Maroko barat daya. Atlas Kisaran memisahkan garis pantai Mediterania dan Atlantik dari Gurun Sahara. Populasi Pegunungan Atlas terutama Berber. Istilah untuk 'gunung' dalam beberapa bahasa Berber adalah Adrar dan adras, diyakini serumpun dengan toponim tersebut.
Gunung-gunung telah menjadi rumah bagi beberapa spesies tanaman dan hewan yang unik di Afrika, seringkali lebih seperti yang di Eropa, banyak dari mereka yang terancam punah dan beberapa sudah punah. Contoh termasuk Monyet Barbary, Atlas Bear (satunya spesies Afrika beruang, sekarang punah), Leopard Barbary, rusa Barbary, Barbary Domba, Singa Barbary (punah di alam liar), Atlas Gunung Badger, Afrika Utara Gajah (punah), yang Aurochs Afrika (punah), Cuvier Gazelle, Northern Bald Ibis, Dippers, yang viper gunung Atlas, Atlas Cedar, Eropa Black Pine, dan Oak Aljazair.

    
1 Geologi
        
1.1 Sumber daya alam
    
2 Subranges dari Pegunungan Atlas
        
2.1 Atlas Tengah kisaran
        
2.2 Tinggi Atlas
        
2.3 Anti-Atlas rentang
        
2.4 Atlas Sahara kisaran
        
Beritahu kisaran 2,5 Atlas
        
2.6 Aures pegunungan
    
3 Lihat juga
    
4 Referensi dan catatan
GeologiPeta yang menunjukkan lokasi Pegunungan Atlas di Afrika Utara
Batuan basement dari sebagian besar Afrika dibentuk pada Prakambrium (sekitar 4,5 miliar tahun lalu) dan jauh lebih tua dari pegunungan Atlas berbaring di Afrika. Atlas ini terbentuk selama tiga fase berikutnya sejarah bumi.
Tahap deformasi tektonik pertama hanya melibatkan Anti-Atlas, yang dibentuk di Era Paleozoikum (~ 300 juta tahun yang lalu) sebagai akibat dari tabrakan benua. Amerika Utara, Eropa dan Afrika terhubung jutaan tahun yang lalu.Batas tektonik.
Gunung-gunung Anti-Atlas diyakini awalnya dibentuk sebagai bagian dari orogeny Alleghenian. Gunung-gunung ini terbentuk saat Afrika dan Amerika bertabrakan, dan sekali rantai menyaingi Himalaya saat ini. Hari ini, sisa-sisa rantai ini bisa dilihat di baris Kejatuhan di Amerika Serikat bagian timur. Beberapa sisa-sisa juga bisa ditemukan di kemudian membentuk Appalachian di Amerika Utara.
Fase kedua berlangsung selama Era Mesozoic (sebelum ~ 65 Saya) dan terdiri dari perpanjangan luas kerak bumi yang dibelah dan dipisahkan benua yang disebutkan di atas. Ekstensi ini bertanggung jawab untuk pembentukan banyak cekungan sedimen tebal intracontinental termasuk Atlas ini. Sebagian besar batuan membentuk permukaan Atlas Tinggi hadir disimpan di bawah laut pada waktu itu.
Akhirnya, pada Periode Tersier (~ 65 juta untuk ~ 1,8 juta tahun yang lalu), rantai pegunungan yang saat ini terdiri Atlas itu terangkat sebagai daratan Eropa dan Afrika bertabrakan di ujung selatan semenanjung Iberia. Seperti batas tektonik konvergen terjadi di mana dua piring slide terhadap satu sama lain membentuk sebuah zona subduksi (jika bergerak pelat bawah yang lain) dan / atau tabrakan benua (ketika dua lempeng mengandung kerak benua). Dalam kasus tabrakan Afrika-Eropa, jelas bahwa konvergensi tektonik sebagian bertanggung jawab untuk pembentukan Atlas Tinggi, serta untuk penutupan Selat Gibraltar dan pembentukan pegunungan Alpen dan Pyrenees. Namun, ada kurangnya bukti sifat subduksi di wilayah Atlas, atau untuk penebalan kerak bumi umumnya terkait dengan tabrakan benua. Bahkan, salah satu fitur yang paling mencolok dari Atlas untuk ahli geologi adalah jumlah relatif kecil penebalan kerak dan memperpendek tektonik meskipun ketinggian penting dari pegunungan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa proses yang mendalam berakar pada mantel bumi mungkin telah memberi kontribusi pada mengangkat Tinggi dan Tengah Atlas 

Sumber daya alam
Atlas kaya akan sumber daya alam. Ada deposito bijih besi, bijih timah, tembaga, perak, merkuri, garam batu, fosfat, marmer, batu bara antrasit, dan gas antara sumber daya lainnya.Subranges dari Pegunungan AtlasHigh Atlas.
Rentang ini dapat dibagi menjadi tiga wilayah umum dari barat ke timur:

    
Atlas Tengah, Atlas Tinggi, dan Anti-Atlas/Jbel Saghru Atlas (Maroko).
    
Sahara Atlas (Aljazair).
    
Beritahu Atlas (Aljazair, Tunisia).
    
Aures Pegunungan (Aljazair, Tunisia).
Atlas Tengah kisaranArtikel utama: Middle Atlas
Atlas Tengah adalah bagian dari pegunungan Atlas berbaring sepenuhnya di Maroko. Atlas Tengah adalah paling barat dari tiga Pegunungan Atlas rantai yang mendefinisikan baskom, besar plateaued membentang ke arah timur ke Aljazair. Selatan Atlas Tengah dan dipisahkan oleh Moulouya dan Er-berbasis risiko / RBIA Oum sungai, Atlas Tinggi peregangan untuk 700 kilometer (430 mil) dengan suksesi puncak di antara yang sepuluh mencapai di atas 4.000 meter (13.000 kaki). Utara Atlas Tengah dan dipisahkan oleh Sungai Sebou, pegunungan Rif merupakan perpanjangan dari Cordillera Baetic (Baetic gunung, yang meliputi Sierra Nevada) di selatan Spanyol.

 
Tinggi AtlasArtikel utama: Tinggi Atlas
Atlas Tinggi meningkat Maroko pusat di sebelah barat di pantai Atlantik dan membentang ke arah timur ke perbatasan Maroko-Aljazair. Pada Atlantik dan di barat daya rentang turun tiba-tiba dan membuat transisi mengesankan ke pantai dan kisaran Anti-Atlas. Ke arah utara, ke arah Marrakech, rentang turun kurang tiba-tiba.
Pada ketinggian Ouarzazate massif yang dipotong melalui oleh lembah Draa yang membuka ke arah selatan. Dalam kekacauan batuan kontras sangat mencengangkan: air berjalan di beberapa tempat, membentuk cekungan jelas. Hal ini terutama dihuni oleh orang-orang Berber, yang tinggal di desa-desa kecil dan membudidayakan dataran tinggi Ourika Valley.Gambar panorama danau buatan Lalla Takerkoust dekat Barrage Cavagnac, dengan bendungan air (paling kanan)
Dekat Barrage Cavagnac, ada sebuah bendungan air yang telah menciptakan danau buatan Lalla Takerkoust. Danau juga berfungsi sebagai sumber ikan bagi para nelayan setempat.
Desa-desa dan kota terbesar dari wilayah yang Tahanaoute, Amizmiz, Asni, Tin Mal, Ijoukak, dan Oukaïmden.
Anti-Atlas membentang dari Samudera Atlantik di barat daya Maroko ke arah timur laut ke ketinggian Ouarzazate dan lebih ke timur ke kota Tafilalt (sama sekali jarak sekitar 500 kilometer / 310 mil). Di selatan berbatasan dengan Sahara. Titik timur dari anti-Atlas adalah Djebel Sarhro pegunungan dan batas timur adalah ditetapkan oleh bagian dari kisaran Atlas Tinggi.
Atlas Sahara Aljazair adalah bagian timur pegunungan Atlas. Tidak setinggi Atlas Grand mereka jauh lebih mengesankan daripada kisaran Beritahu Atlas yang berjalan ke utara mereka dan lebih dekat ke pantai. Puncak tertinggi di rentang adalah 2.236 m (7336 ft) tinggi Djebel Aissa. Mereka menandai ujung utara dari Gurun Sahara. Gunung-gunung melihat beberapa curah hujan dan lebih cocok untuk pertanian dari wilayah dataran tinggi ke utara. Saat ini sebagian besar penduduk wilayah tersebut Berber.
Atlas Beritahu merupakan rantai pegunungan lebih dari 1.500 kilometer (930 mil) panjangnya, milik pegunungan Atlas dan membentang dari Maroko, melalui Aljazair ke Tunisia. Ini sejajar dengan pantai Mediterania. Bersama dengan Atlas Sahara ke selatan membentuk bagian paling utara dari dua berkisar kurang lebih paralel yang secara bertahap pendekatan satu sama lain ke arah timur, penggabungan di Timur Aljazair. Di ujung barat di kisaran Atlas di Maroko Tengah. Daerah segera ke selatan kisaran ini adalah dataran tinggi, dengan danau di musim hujan dan dataran garam di kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar