Rabu, 02 Maret 2011

MOUNT ELBRUS ( caucasus )

Gunung Elbrus (Rusia, Elbrus; Karachay-Balkar: (mendengarkan)) adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di pegunungan Kaukasus barat, di Kabardino-Balkaria dan Karachay-Cherkessia, Rusia , dekat perbatasan Georgia. Mt. Elbrus puncak tertinggi adalah gunung tertinggi di Kaukasus, di Rusia. Walaupun ada otoritas yang berbeda pada bagaimana Kaukasus didistribusikan antara Eropa dan Asia, banyak sumber setuju bahwa Elbrus juga merupakan gunung tertinggi di seluruh Eropa. Mt. Elbrus (KTT barat) berada pada 5.642 meter (18.510 kaki), puncak timur sedikit lebih rendah pada 5.621 meter (18.442 kaki).

Nama Elbrus.. (dari bahasa Inggris: / ɛlbrəs /) adalah metatesis dari Alborz  Nama Alborz berasal dari yang Hara Bərəzaitī, sebuah gunung legendaris dalam mitologi Persia Hara Bərəzaitī mencerminkan Proto-Iran * Hara Bṛzatī . * Bṛzatī adalah bentuk feminin dari kata sifat * bṛzant-"tinggi", nenek moyang direkonstruksi dari Boland Persia modern dan Barz / Berazandeh. Hara dapat ditafsirkan sebagai "watch" atau "penjaga", dari Indo Akar-Eropa * ser-"melindungi". Di Tengah Persia, Hara Bərəzaitī menjadi Harborz, Modern Persia Alborz, yang serumpun dengan Elbrus.

Nama lainnya

Mingi Taw sebuah Balkar-Karachay (Turki). Mingi Taw berarti sebuah gunung yang abadi atau Ribuan Gunung.
Jin-Padishah nama Turki dari Persia-Arab asal
Yalbuz surai es (Turki)
Ialbuzi (Georgia)
Oshkhamakhua gunung kebahagiaan (Sirkasia)

setting Geografis

Elbrus berdiri sejauh 20 km (12 mil) utara kisaran utama dari Greater Kaukasus dan 65 km (40 mil) selatan-barat daya kota Rusia Kislovodsk. Es permanen Its feed 22 gletser, yang pada gilirannya menimbulkan ke Malka Baksan, Kuban, dan Sungai.

Elbrus duduk di area tektonik bergerak, dan telah dikaitkan dengan kesalahan. Rupanya, Elbrus memiliki "mendalam" pasokan magma yang berada di bawahnya.

Gunung ini saat ini dianggap tidak aktif, karena tidak ada letusan pernah tercatat. Elbrus masih aktif di Holocene. Menurut Global Vulkanisme Program letusan terakhir terjadi antara 0 dan 100 Masehi. Bukti vulkanik baru-baru ini meliputi beberapa aliran lava di gunung, yang tampak segar, dan sekitar 260 kilometer persegi (100 sq mi) puing vulkanik. Aliran terpanjang membentang 24 kilometer (15 mil) di puncak timur laut, indikasi letusan besar. Masih ada tanda-tanda lebih beragam aktivitas tetap ada di gunung berapi, termasuk aktivitas lobang solfatara dan mata air panas. Puncak barat memiliki kawah gunung berapi terawat sekitar 250 m diameter.

 SEJARAH
Gambar satelit dari Gunung Elbrus

Orang dahulu tahu gunung sebagai Strobilus, Latin 'kerucut pinus' untuk, pinjaman langsung dari strobilos Yunani kuno, yang berarti 'objek twisted' - istilah botani lama didirikan yang menggambarkan bentuk puncak gunung berapi. Mitos menyatakan bahwa di sini Zeus telah Prometheus dirantai, Titan yang telah mencuri api dari para dewa dan diberikan kepada pria kuno - kemungkinan referensi untuk aktivitas gunung berapi bersejarah.

Semakin rendah dari dua puncak pertama kali naik pada 10 Juli 1829 (kalender Julian) oleh Khillar Khachirov, sebuah Karachay Pedoman untuk sebuah ekspedisi ilmiah tentara Kekaisaran Rusia yang dipimpin oleh Jenderal Emmanuel, dan semakin tinggi (sekitar 40 m-130 ft ) pada tahun 1874 oleh sebuah ekspedisi Inggris yang dipimpin oleh F. Crauford Grove dan termasuk Frederick Gardner, Horace Walker, dan Swiss pendaki Peter Knubel. Selama tahun-tahun awal Uni Soviet, gunung menjadi olahraga populer massa, dan ada lalu lintas yang luar biasa di gunung. Pada musim dingin 1936, sebuah kelompok yang sangat besar anggota yang belum berpengalaman berusaha Komsomol gunung, dan akhirnya menderita banyak korban jiwa ketika mereka tergelincir di atas es dan jatuh ke kematian mereka. Wehrmacht menduduki

daerah sekitar gunung dari bulan Agustus 1942 sampai Januari 1943, selama Perang Dunia II, dengan 10.000 prajurit dari divisi (Mountain Troop) Gebirgsjäger. Sebuah cerita mungkin apokrif bercerita tentang seorang pilot Soviet diberi medali untuk pemboman pondok gunung utama, Priyut 11 ( "Suaka dari 11"), sementara itu diduduki. Ia kemudian dinominasikan untuk medali untuk tidak memukul gubuk, tetapi persediaan bahan bakar Jerman, meninggalkan gubuk untuk generasi mendatang. Ketika berita sampai Adolf Hitler bahwa detasemen pendaki gunung dikirim oleh jenderal komandan divisi Jerman untuk mendaki ke puncak Elbrus dan pabrik bendera swastika di puncak, dia dilaporkan marahlah, disebut sebuah prestasi "stunt" dan mengancam ke pengadilan umum militer itu.

Uni Soviet mendorong ascents dari Elbrus, dan pada tahun 1956 itu naik secara besar-besaran oleh 400 pendaki gunung untuk menandai ulang tahun ke 400 dari penggabungan Kabardino-Balkaria, Otonomi Republik Sosialis Soviet di mana Elbrus berada.

Dari tahun 1959 sampai tahun 1976, sistem kereta gantung dibangun secara bertahap yang dapat membawa pengunjung setinggi 3.800 meter (12.500 ft). Ada berbagai rute mendaki gunung, tapi rute normal, yang bebas dari ceruk-es, terus kurang lebih lurus ke atas lereng dari akhir sistem mobil kabel. Selama musim panas, tidak jarang untuk 100 orang untuk mencoba puncak melalui jalur ini setiap hari. Ascents Musim Dingin jarang, dan biasanya dilakukan hanya oleh pendaki yang sangat berpengalaman. Elbrus terkenal untuk cuaca musim dingin yang brutal, dan upaya puncak sedikit dan jauh antara. Mendaki ini tidak secara teknis sulit, tetapi secara fisik sulit karena elevasi dan angin kencang sering. Korban tewas rata-rata tahunan pada Elbrus adalah 15-30, terutama disebabkan gunung "banyak tidak terorganisir dan tidak diperlengkapi" mencoba ke puncak.

Gunung Elbrus tidak boleh bingung dengan Alborz (juga disebut Elburz) pegunungan di Iran, yang juga berasal dari nama mereka Hara Bərəzaitī gunung legendaris dalam mitologi Persia.

Pada tahun 1997, sebuah Land Rover Defender didorong ke puncak, menembus Guinness Book of Records.

Rute Pendakian

Artikel utama: Elbrus memanjat rute
Jerman pendaki di puncak Gunung Elbrus

Rute normal adalah yang paling mudah, aman dan tercepat di rekening dari mobil kabel dan sistem kursi gantung yang beroperasi dari sekitar 9:00 sampai 3:00. Mulai untuk pertemuan pada sekitar 02:00 dari Hut Diesel harus memberikan waktu hanya cukup untuk kembali ke kursi gantung jika gerakan efisien. Sebuah pendakian lagi Kiukurtliu Rute dimulai dari bawah jalan-kabel stasiun Mir dan kepala barat di atas lereng es menuju lulus Khotiutau.

Elbrus Pendakian dari arah lain adalah proposisi sulit karena kurangnya fasilitas yang tinggi permanen. Douglas Freshfield selalu menyatakan bahwa rute dari timur sampai lembah Iryk, gletser Irykchat dan selama pass Irykchat (3667m) ke salju di bawah rusuk batu panjang timur pacu akan menjadi pendekatan terpendek dan paling sering digunakan.

Tiga izin yang diperlukan untuk memanjat. Asing membutuhkan Ijin Zona Perbatasan berada di setiap daerah selatan Baksan. Taman Nasional Prielbrusie Izin diperlukan untuk akses ke taman. Asing juga harus terdaftar di OVIR (Visa dan departemen Pendaftaran) di Tyrnyauz.
Isu lingkungan

Gunung Elbrus dikatakan menjadi rumah bagi 'dunia menjijikkan' yang kakus yang dekat dengan menjadi jamban tertinggi di Eropa. Judul ini diberikan oleh majalah luar mengikuti pencarian 1993 dan artikel. kakus ini dikelilingi oleh dan tertutup es, duduk dari ujung batu, dan dengan pipa effluvia menuangkan ke gunung.
Wikimedia Commons memiliki kategori mengenai: Gunung Elbrus Lihat pula
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar